Kamis, 25 November 2010

Teori Sistem, Littlejohn dan Foss, edisi 7


            
Teori Komunikasi
Resume Stephen W Littlejhon
  Theories of Human Communication
Part 1 Nature of Inquiry and Theory,

Chapter 3, System Theory

Dalam teori ini menyangkut dua hal, yakni Cybernetic dan Teori informasi. Cybernetic lebih bersangkutan dengan control dan regulasi dalam sistem, sedangkan teori informasi lebi fokus kepada pengukuran dan pengiriman dari sinyal.

Pengertian sistem
Ada 4 hal untuk menjelaskan tentang sistem:
ώ       Pertama adalah objek, yakni bagian-bagian, elemen-elemen dan variable dalam sebuah system. -
ώ       Kedua adalah system yang terdiri hubungan-hubungan, yakni kualitas atau sifat dari system dan objeknya.
ώ       Ketiga adalah system yang mempunyai hubungan internal diantara objek-objenya
ώ       Keempat adalah system yang berada didalam lingkungan, yakni sebuah system  yang kemudian sesuatu didalamnya mempengaruhi satu sama lain dalam lingkungan dengan bentuk yang berbeda dari bentuk-bentuk yang lain.

System dibagi menjadi dua yakni system tertutup dan system terbuka.
β        System tertutup tidak ada pertukaran dengan lingkungan. Sedangkan system terbuka, menerima energy dari lingkungannya dan mengikrimkannya kembali ke lingkungannya. 
β        Dalam system terbuka sebagai contoh keluarga dimana anggota Dalam keluarga adalah objek-objek. Dan karakter mereka adalah attribute (sifat), sistem keluarga dibentuk oleh intreaksi diantara anggota-anggotanya. Keluarga juga berada dalam lingkungan sosial dan budaya. Keluarga dan lingkungannya mempengaruhi satu sama lain. Pengertian ini yang dinamakan sebagai unit.

Kualitas-kualitas sistem
1. Kesatuan dan saling ketergantungan
      Sistem adalah kesatuan yang unik, yakni terdiri dari bentuk-bentuk yang salng berhubungan  yang berbeda-beda dari sistem yang lain. Dalam konsep interdependensi, satu variable kadang-kadang menyebabkan variabbel yang lain. Variable A menyebabkan B dan menyebabkan C dan seterusnya dalam proses sirkular dan kembali lagi ke variabel A.
2. Herarki
      Sistem cenderung untuk melekatkan satu dengan yang lain. Maksudnya suatu sistem dalah bagian dari sistem yang lebih besar.  Sistem yang lebih besar kemudian disebut sebagai Suprasystem dan yang lebih kecil di sebut dengan subsistem. Contohnya keluarga, dimana keluarga besar merupakan suprasistem, dimana dirinya merupakan bagian dari sistem yang lebih besar dari masyarakat.  Subsistem dari keluarga besar adalah kelauarga inti, dan subsistem dari keluarga inti terdiri dari ayah, ibu dan anak.  Gambaran ini menunjukkan adanya herarki diantara sistem yang lebih kecil dalam sistem yang lebih besar .
3. Pengaturan diri dan control
      Banyak sistem yang berfokus pada tujuan dan mengatur perilakunya untuk mencapai suatu tujuan.
4. Pertukaran dengan lingkungan
      Sistem terbuka berinteraksi dengan lingkungan. Dalam kondisi ini mereka memasukan dan mengeluarkan energy ke lingkungan.
5. Keseimbangan
      Ini kadangkala mengacu pada Homeostatis, ini adalah bentuk dari pemeliharaan diri. Sistem akan selalu mencari titik keseimbangan dan selalu memperbaiki diri jika ada subssistem yang mengganggu sistem lain yang akan mempengaruhi sistem yang lebih besar.


6. Kemampuan berubah dan beradaptasi.
      Sistem harus bisa beradaptasi karena berada dalam lingkungan yang berubah setiap saat. Sehingga selain mempunyai keseimbangan, sistem juga harus mempunyai kemampuan untuk berubah.
7. Equifinality
      Berarti usaha untuk menyelesaikan dengan cara-cara yang berbeda dan dari permulaan yang berbeda. Dalam sistem adaptasi dapat mencapai tujuan dengan kondisi lingkungan yang berbeda.


Teori Informasi
Teori informasi menyangkut studi kuantitatif dari sinyal-sinyal.  Informasi merupakan sebuah ukuran dari ketidakpastian atau entropy dalam sebuah situasi. Sehingga ketika situasi dapat diprediksi secara lengkap maka informasi tidak ada, kondisi ini dikenal dengan negentropy. Informasi sebagai pilihan-pilihan atau aternatif-alternatif, menyediakan seseorang untuk memprediksi hasilnya. Dengan kata lain seseorang membutuhkan fakta-fakta untuk memprediksi hasil dari situasi yang komplek daripada mempresiksi hasil dari sesuatu yang sedarhana. Sehingga dapat disimpulkan dengan kalimat, informasi lebih dalam sebuah informasi akan membuat pilihan-pilihan lebih banyak dapat diambil dalam situasi. Ada istilah yang dikenal sebagai redudansi, dimana keseluruhan pengaturan dari sebuah kalimat sudah terbentuk dan perbagiannya sudah terprediksi.  Kalimat dalam hal ini mengandung ketidakpastian karena tidak dapat diprediksi dengan tepat secara lengkap.

        Transmisi Informasi
Secara khusus transmisi informasi penting digunakan dalam komunikasi elektronik, dimana sinyal dikirimkan melalui sebuah media. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi akurasi transmisi. Yakni Kapasitas Chanel yaitu jumlah maksimal dari informasi yang dapat dikirimkan melalui sebuah chanel dalam waktu tertentu. Sedangkan Throughput merupakan jumlah actual dari informasi dalam sebuah chanel.


        Cybernetic
Yakni kajian dari regulasi dan kontrol dalam sebuah sistem.  Sistem diatur, mencapai tujuan-tujuan dan dan penuh tujuan. Ini merupakan subyek cybernetic atau kajian tentang feedback. Cybernetics berhubungan dengan cara sebuah sistem mengukur efeknya dan membuat penyesuaian yang dibutuhkan. Ide paling simple dari cybernetic  terdiri dari sebuah sensor, komparator dan activator. Sensor menghasilkan feedback kepada komparator dan kemudian komparator mengahasilkan panduan kepada activator yang mengasilkan output yang mempengaruhi lingkungan dengan beberapa cara. Proses dasar dari Output-feedback-adjustment adalah dasar dari cybernetic.

        Teori Dynamic social impact.
Teori ini mengibaratkan masyarakat sebagai sistem komunikasi yang besar terdiri dari subsistem budaya yang banyak, termasuk interaksi individu dengan yang lain. Dimana elemen dasarnya memang individu. Individu berinteraksi dengan yang lain dalam ruang sosial (tempat dmana individu bertemu, berkomunikasi dan bersosialisasi dan mempengaruhi satu sama lain.
Ruang sosial dipengaruhi oleh berbagai macam media komunikasi yang menjadikan orang-orang dapat berkomunikasi dalam jarak, seoerti telephone, email dan media massa.


Komentar peresume
Teori sistem menjelaskan secara sederhana bagaimana dasar dari sebuah sistem dan aplikasinya dalam proses komunikasi.  Hanya saja contoh-contoh yang berhubungan langsung dengan kasus-kasus komunikasi kurang banyak dimunculkan. Terutama bagaimana proses transmisi informasi dengan kasus-kasus yang terjadi dan dibreakdown secara detail dengan menggunakan teori sistem. Penjelasan tentang cybernetic juga tidak terlalu dalam, dalam prakteknya peresume sulit mencarikan contoh yang ideal untuk menjelaskan berbagai kasus dengan teori ini. Termasuk juga menjelaskan bagaimana apilkasinya dalam sebuah riset dengan pendekatan teori-teori tersebut. Namun meski demikian, teori sistem mampu menjelaskan secara umum dan luas (meski belum dalam) tentang beberapa istilah dan kajian baru dalam dunia komunikasi.

***

1 komentar: